Friday, March 25, 2011

Balada Pondok Bambu part 2

Sekarang gue mau cerita kedua kalinya gue ke sana.

Gue dan Sarah seperti biasa janjian di Kampung Melayu tapi sayang hp gue lagi berkhianat dan mati gitu aja ga bisa dinyalain. Alhasil gue berhubungan ama Sarah cuma lewat twitter. Janjian jam 11 tapi gue berangkatnya jam 11 kurang sedangkan Kp. Melayu - Serdang ga sedeket elo ngelemparin upil. Ini keburukan gue. Begitu nyampe tempat janjian udah kosong, gue ga tau Sarah udah berangkat atau masih di jalan dan gue juga ga tau gimana cara nyari taunya. Mata gue berkelana di kp. Melayu nyari wartel. Ah, ada di seberang. Gue nyeberang, sayangnya pas gue deketin kok bentuknya kayak gitu? Ragu-ragu gue pun Cuma diri di depannya sambil ngelirik-lirik ke dalem kali aja ada yang mau make jasa wartel kayak gue. Tapi ga ada tanda-tanda itu, gue memutuskan untuk langsung jalan aja. Di mikrolet gue bingung antara mau ke KFC atau langsung ke rumah Rahma. Kalo ke KFC, takutnya mereka ga jadi ke sana dan gue bakalan cengok abis sendirian di tempat antah berantah. Gue milih untuk ke rumah Rahma aja langsung. Nyampe sana, mba sanis bilang kalo setengah jam lalu Rahma ke KFC. Jadilah gue cengok sendirian di rumah.

Lebih sendiri di tengah kesepian daripada sendiri di tengah keramaian – Ranti Dwi Andini

Sambil nunggu mereka pulang gue baca komik yang gue bawa. Sampe gue selesai baca, mereka tetep belum nyampe. Gue mulai gigitin kuku karena kelaperan.

Suara itu menggangguku, memenuhi setiap celah pikiranku..

Tawa itu menyenangkan, membangkitkan tawaku juga..

Sayup-sayup namun pasti, mereka mendekat..

Menghampiriku.

Akhirnya mereka dateng sodara-sodara! Baiknya mereka ngebawain gue makanan. Tau aja ya kan gue kelaperan. Gue makan udah kayak orang gila. Abis cepet banget. Selesai makan, perut kenyang, wajah berbinar, hati senang. Gue lupa sebenernya tujuan ke rumah apa hari itu. Entah kenapa gue laper terus. Waktu jalan ke rumah gue ngeliat SD di ujung jalan, jadi gue ngajakin Rahma jajan di sana. Dengan gagahnya, kita menuju SD dan ngetawain anak kecil yang pada mungil-mungil. Sayangnya, yang jualan sepi bangeeeetttt. Gue ngeliat di ujung sana ada cilok. Ya Allah kangen banget ama cilok. Udah bertahun-tahun ga pernah makan. Kita bertiga menuju cilok dan ngeliat sekilas tukang telor yang ada di sisi lainnya.

‘Ran, nanti gue mau beli telor yang itu ya..’ kata Sarah.

‘Oh yang dililit-lilit gitu ya?’

‘Iya..’

‘Gue pernah bikin tuh tapi ga pernah berhasil’

‘Mesti banyak tau telornya’

Gue pun selesai beli cilok dan menghampiri abang telor. Gue ngeliat penggorengannya, kok kosong? Harusnya kan banyak minyaknya, batin gue.

‘ini masaknye ga pake minyak ego’ Sarah mulai mau ngelucu.

‘iya, ini namanya telor kering’ sambung abangnya.

‘hah?’ kita bertiga mulai kebingungan.

‘iya jadi telornya kering gitu..’ jelas sang abang.

Kita bertiga? Pandang-pandangan dan ketawa maksa.

‘Satunya berapaan bang?’

‘Serebu neng’

‘Yaudah beli 2 ribu deh bang’

Abangnya mulai sibuk bikin. Nggak lama mateng juga. Hasilnya? Telor-amat-sangat-tipis-yang-kering-dan-agak-gosong. Terima kasih ya, Bang J Abang bikin kita belajar, sebelum membeli bertanyalah serinci-rincinya supaya ga nyesel di belakang. Sukses, Bang!

Balik lagi ke rumah Rahma, eh ternyata ada Si Kaos Kaki lagi maen bola. Iya, bener kata Rahma. Ngapain aja dia pake kaos kaki. Bukannya kaos kaki itu bikin kulit lembab terus keringetan jadinya nanti kurap, kudis, panuan gimana ya? Kok ibunya ga ngelarang ya? Ya ampun banyak banget yang mau gue tanyain ke anak ini. Awalnya gue sama Sarah Cuma bilang, ‘eh si kaos kaki.. si kaos kaki..’ setelah ketiga kalinya main ke rumah Rahma, julukan itu pun berubah menjadi si Eneng. Kenapa Eneng? Karena Eneng punya kaos kaki ajaib. Kali aja itu kaos kaki ajaib makanya ga pernah di lepas. Ga ada yang tau kan? Tapi kasian juga sih. Masa iya cowok disebutnya Si Eneng? Sabar ya dek..

Oh iya, tujuan awal gue dan Sarah ke rumah Rahma hari Jumat itu adalah untuk nonton Music Bank. Setelah selesai puas ngeliat Big Bang dan hostnya yang cakep itu, gue sama Sarah pulang. Malang masih setia nemenin gue dan Sarah, angkot yang harusnya ngebawa kita ke pangkalan ojek ga ada lagi. Gue ngeberhentiin angkot lain. Gue Tanya, ‘Pangkalan ga bang?’ Abangnya mengangguk. Mungkin kita ga sesial itu, pikir gue. Di perjalanan gue liat kanan kiri banyak pohon cemara eh nggak gue liat banyak pohon-pohon. Kata-kata yang keluar dari mulut gue dan Sarah cuma ‘mampus, ini dimana?’ Gue ngeliat papan nama jalan. Jalan Samudra, Jalan Pasifik, Jalan Laut Cina. Mampus kuadrat udah nyasar di perairan aja nih eeee sekian lama berpanik-panik ria, abangnya bilang kalo kita udah nyampe pangkalan. Pangkalannya beda, beda banget K

‘Ini pangkalan bang?’ meyakinkan diri sendiri.

‘Iya, emang mau kemana?’

‘Ke pangkalan ojek yang deket sama M18.’

‘M19 kali..’

‘M18 bang, buat ke kp melayu’

‘Oh itu..’ abangnya pun puter balik dan ngasih tau kalo kita mesti jalan dulu buat nyampe ke mikrolet yang dituju. Akhirnya kita nyampe tujuan dengan selamat sentosa.

Ketiga kalinya ke rumah Rahma, kita ketemu sama bapak-bapak unyu. Beliau ini penjual dvd bajakan di deket rumah Rahma. Ketika ngeliat beliau, Rahma langsung bilang, ‘Itu tuh bapak-bapak yang gue taksir’. Gue dan Sarah otomatis nengok ke dia dan seketika itu juga si Bapak ngegembungin pipinya HAHAHAHAHA anak kecil banget, unyu. Karena ganteng dan mirip anggota penghuni terakhir, kita manggil dia Pak Asep.

Akankah ada kejutan lain di keempat, kelima, atau keenam kalinya ketika kita ke rumah Rahma? Who knows.

No comments:

Post a Comment

우리는 하나

Dulu gue sempet pingin nulis tentang c’moi untuk dimasukin ke blog, tapi nyatanya ga selesai-selesai. Postingan ini terakhir ditulis tahun ...