Friday, March 25, 2011

Balada Pondok Bambu part 1

Gue udah tinggal di Jakarta kurang lebih 18 tahun. Rumah gue di daerah perbatasan Jakarta Pusat dan Jakarta Utara, nyebrang sedikit udah nyampe kabupaten lain. Meski pun gue udah lumayan lama menghuni Jakarta, gue ga pernah main jauh. Sejauh-jauhnya gue main itu Senen. Gue ga tau di Jakarta Barat, Timur, Selatan ada apaan. Semenjak SMA gue pun mulai menjamahi daerah-daerah tersebut. Bukan karena gue sok gaul terus main kemana-mana tapi karena temen-temen gue emang rumahnya rata-rata di sana.

Suatu hari gue berpikiran untuk ngebolang yang kayak acara di trans7. Selain berkelana, kita juga harus dapet ilmu. Muncullah ide gue untuk pergi ke rumah Rahma di pondok bamboo yang nyaris deket Bekasi untuk belajar ekonomi. Gue sms Sarah biar belajarnya ga sepi. Sarah setuju, rencana pun tersusun dengan matang. Cakep.

Gue janjian sama Sarah di Kampung Melayu. Sarah nunjukin sms Rahma tempat turunnya kita biar ga nyasar, katanya setelah SMP PUTRA bilang aja pangkalan palazzo ojek. Gue dan Sarah menuju M18 yang kira-kira sebentar lagi jalan. Malang tak dapat ditolak untung nama bapaknya Jibon, M18 nya penuh! Sarah duduk di depan dan gue di belakang. Serangan panic dateng, celingak celinguk ngeliatin jalan, nyari-nyari SMP PUTRA. Sementara sang supir melaju dengan cepatnya. Tiba-tiba di tepi jalan tulisan yang gue cari-cari muncul juga. Iya, itu PUTRA! PUTRA! SD PUTRA! Gubrakkkk.. /(_-_)\

Setelah ngeliat SD PUTRA gue berharap ngeliat SMP PUTRA di sebelahnya. Gue tunggu, tunggu, dan tunggu. Mata ga gue lepas dari jalanan supaya ga kelewat dan ujung-ujungnya malah nyasar. Kan ga asik kalo ada berita dengan wacana: 2 Orang Siswi Tersesat dalam Perjalanan Mencari Ilmu Karena Terinspirasi Si Bolang. Tepi jalanan berubah menjadi hutan-hutan. M18 pun terus melaju tanpa merasakan kekhawatiran gue. Tempat duduk di belakang sepi, jadinya Sarah pindah ke belakang.

“Sar, mana nih SMP PUTRAnya kok ga keliatan-keliatan? Ada SD PUTRA itu tadi. Emang beneran ampe sejauh ini?” gue ungkapkan kebingungan gue.

“Iya, tadi gue juga liat itu SDnya. Bentar deh gue inget. Ah, iya iya bener. Tuh SMP PUTRAnya”

Kami pun turun di pangkalan. Anehnya, tempat gue dan Sarah itu kan sama ya, terus kenapa gue bayarnya 3 ribu sedangkan Sarah 2 ribuuu? Hidup kadang ga adil. Rela ga rela, gue sama Sarah melanjutkan perjalanan. Rahma ngejemput supaya kita berdua ga nyasar. Setelah bertengger dengan asiknya di mikrolet, Sarah bilang, ‘Kita bakalan ngelewatin sesuatu nih Ran.. lo siap-siap ya. Lo pasti ga nyangka deh kalo kita bisa ngelaluin itu.. ’ Gue penasaran tapi Rahma cuma giggling. Mikrolet melaju. Nggak lama, Sarah bilang dengan semangat 45, ‘Siap-siap Raaaannn… tutup idung’. Dan yak, kita melalui tempat pembuangan sampah. Menurut gue sih biasa aja, tapi kata Sarah itu lagi dikit aja sampahnya. Waktu itu dia pernah ke rumah Rahma dan sampahnya lagi luber ampe ke jalan raya. Gue nengok ke belakang mikrolet, merhatiin tumpukan sampah-sampah itu terus ngeliat sebelahnya. Ternyata ada rumah bagus. Kasian banget. Kebayang ga sih, lo bangun tidur buka jendela niatnya mau menghirup udara pagi tapi yang kecium malah bau sampah? Ga cuma pagi. Tiap detik yang lo habiskan di rumah lo dengan bau-bauan kayak gitu. Sampe akhirnya penciuman lo mati rasa. Lo udah ga bisa ngebedain mana yang harum dan mana yang bau. Kasian.

Setelah melalui rintangan tersebut kita nyampe juga. Turun di indomart buat beli es krim, bukan magnum kok. Terus jalan ke rumah Rahma sambil makan es krim dan nyanyi a la Sherina. Nyampe rumah Rahma ngabisin es krim dulu, lagi-lagi gue heran kenapa makan es krim pada bisa berantakan gitu? Gue ga pernah bisa K

Waktunya berleha-leha sudah cukup kita pun memutuskan untuk belajar (insya Allah) serius. Satu persatu pengetahuan bertambah. Ekonomi ngerti, akuntansi.. wallahu alam. Otak teriak minta diistirahatin. Gue keinget game Penting Ga Penting, jadilah kita memutuskan untuk membeli nyam-nyam ke indomart tadi. Pas di jalan pulang kita bertiga ketemu sama tetangganya Rahma, anak kecil cowok. Nggak, gue nggak naksir. Pertama ngeliat biasa aja sampe akhirnya Rahma bilang, ‘Anak ini ga pernah lepas kaos kaki masa. Maen bola, pake crocs tapi tetep pake kaos kaki. Aneh banget deh.’ Mungkin yang ada di pikiran gue sama Sarah, oke anak ini cukup aneh.

Akhirnya, semua peralatan sudah siap. Rahma jadi korban pertama. Biar asoy direkam sambil pake music yang galau. Awalnya main di kamar Rahma, tapi karena gelap pindah ke terasnya. Rahma pake lagu One Last Cry dan berhasil ngabisin semua yang ada di pinggiran mulutnya. Selanjutnya Sarah dan yang terakhir gue. Gue biasanya jago tapi saat itu gue gagal. Ya, GAGAL! Ampe lidah gue pegel banget tetep aja ga nyampe itu nyam-nyam kemakan ama gue :@ Kata Sarah, ‘Lo udah 2 menit, ga abis, sok imut lagi pas direkam..’ -____-

Setelah itu kita ngabisin nyam-nyam dengan muka belepotan coklat. Nggak lama keluarganya Rahma dateng, kita pun naik ke lantai 2 Rahma yang notabene adalah genteng. Jadilah kita bertiga Agen, Anak Genteng. Mantep.

Kita phutu-phutu alami. Tau kan foto alami? Yang angin berhembus terus kita ketawa sok asik gitu di fotonya. Nah, sebelum naik ke atas itu sempet berpikiran untuk main Penting Ga Penting lagi yang pake stoking itu. Untungnya atau sayangnya, Rahma punya. Kali ini gue korban pertama, setelah itu Sarah, dan terakhir Rahma. Semua orang pasti ngakak kalo ngeliat foto Rahma.

Langit menggelap seolah berteriak kepada kami, ‘udahan woi maennyaaaa! Udah malem!’ Dengan berat hati gue dan Sarah pulang. Di jalan juga sempet di tes sama Rahma tentang ekonomi dan akuntansi. Nyampe indomart, Rahma baru inget kalo ga ada lagi mikrolet yang lewat situ menuju pangkalan. Terpaksa gue dan Sarah naik ojek, berdua, BERDUA! Hal ini membangkitkan kenangan gue waktu SMP yang sering naik motor bertiga. Gue tepis pikiran itu jauh-jauh dan memotivasi diri gue sendiri, ‘gue bukan alay kemayoran lagi.. gue bukan alay.. iya, gue udah sembuh!’ Finally, nyampe dengan selamat di pangkalan ojek tapi kita mesti bayar 7000! Tau gitu naek sendiri tadi. Ngeselin aje. Jarak sama tapi harga 2 kali lipat. Kampretos.

Doain gue berhasil buat dapetin foto dengan stocking-stocking itu ya. Lagi berjibaku dengan Rahma nih. Adios.

No comments:

Post a Comment

우리는 하나

Dulu gue sempet pingin nulis tentang c’moi untuk dimasukin ke blog, tapi nyatanya ga selesai-selesai. Postingan ini terakhir ditulis tahun ...