Thursday, January 20, 2011

Lika-liku penikmat kendaraan umum

Daritadi pas di jalan pulang gue udah berniat 'POKOKNYA GUE HARUS NGEBLOG BEGITU NYAMPE RUMAH!'. Kenapa? Karena gue lagi kecewa banget man sama kota gue tinggal dari dalem kandungan ini. (Emang pernah gitu gue ga kecewa? :p)
 
Kadang kesel banget setiap pihak selalu saling menyalahkan. Emang sih lebih enak nyalahin orang daripada nyalahin diri sendiri. Kayak yang pernah gue baca di Provoke!, waktu itu ngebahas 'baka baka baka' yang artinya 'bodoh bodoh bodoh'. Ciri sosial kota banget ya kalo orang-orang disini tuh individualistik. Ga ada yang mau disalahin. Misalnya lagi macet, eh tiba ada bajaj di samping bus.
supir bus: 'woy bajaj udah tau sempit masih aja nyalip2 bego!'
supir bajaj: 'woy bego lo ga liat masih ada celah biar yang belakang bisa majuan'
Jadi kalo kayak gitu siapa yang salah? Hemm lagi-lagi kita bermain di kalimat 'siapa yang salah?'. Dan tergantung lo liatnya dari sisi yang mana sih.
 
Macet. Udah ga asing lagi deh dikuping kita. Gimana sih cara nanggulangin macet? Ada yang bilang kurangin pemakaian kendaraan pribadi tapi tingkatin fasilitas kendaraan umumnya dulu dong. Permasalahan lainnya, kalo fasilitas kendaraan umumnya udah memadai tapi sumber daya manusia nya nggak, gimana?
 
Ini nih yang bikin gue bete, kecewa super duper. SDM nya itu loh kayak cinta (buat yang ngefollow @poconggg di twitter pasti ngerti maksud gue).
 
1. Narik tarif ga sesuai sama yang seharusnya
Jauh - Dekat 2000. Kalo pelajar 1000 yekaaaan. Semenjak ada pecahan 2ribuan, kenek bus atau supir angkot suka ga ngembaliin. Bete banget. Lebih bete daripada belom makan sushi --a Padahal tuh ya, gue suka nyisain uang jajan 2ribu buat ongkos pulang, kalo ga dikembaliin kan mesti mecah puluhan ribu gueee -..- Terus kalo udah kepecah pasti uangnya abis buat gue jajanin cemilan.
 
2. Memaksakan penumpang
'Ayo bu.. masih kosong masih kosong.. yang di dalem ayo ke tengah ke tengah dempetin lagi'. Kayak tadi kan udah penuh gitu, terus ada nenek2 dipaksa naek gitu. Pingin gue teriakin deh si keneknya. Dia pikir semua penumpang yang ada di bis itu tingkat kesadarannya tinggi apa? Kalo ada yang sadar dan mau ngasih tempat duduknya ke itu nenek, kalo ga? kan kasian. Ih sumpah kesel.
 
3. Ga bisa ngehargain penumpang
Tadi ada nenek-nenek yang dibentak sama kenek, padahal nenek itu mau minta haknya yaitu kembalian ongkos. Miris deh ngeliatnya. Sedih. Terus tadi ada yang naek gitu kan di tempat A, ga lama ada yang turun di B padahal jaraknya deket, si kenek malah teriak  'WOOYYY BUKAN SEKALIAN AJA DI A, MAU ENAK NAEK MOBIL SENDIRI SONO!'.
 
4. Kalo ngomong ngasal
Biasanya kalo di terminal nih mereka suka asal ngomong. Terus kalo udah di jalan dan di balap beuuuhhh udah deh rasanya mau tutup kuping atau nyumpel mulut supir atau keneknya pake kaos kaki.

Jadi serba salah kan? Mau naek yang pribadi, bikin makin macet. Mau naek yang umum kadang suka ngeselin oknum-oknumnya. Yak begitulah kehidupan di jakarta, apalagi penikmat kendaraan umum seperti gue, KERAS MEN!
Adios.

No comments:

Post a Comment

우리는 하나

Dulu gue sempet pingin nulis tentang c’moi untuk dimasukin ke blog, tapi nyatanya ga selesai-selesai. Postingan ini terakhir ditulis tahun ...