Thursday, January 20, 2011

Gaje tengah malem

'Karma' sering dianggap sebuah 'kekuatan tunggal' yang mampu memberikan balasan untuk setiap perbuatan. Kalo gitu, Tuhan itu apa?
Kadang orang terlalu mengagungkan karma hingga kesannya mereka lupa tentang Tuhan yang menguasai segala sesuatu.
Kalo karma adalah kuasa Tuhan, maka Tuhan-lah yang memberikan balasan, bukan karma. Senjata ga mungkin menembakkan dirinya sendiri, kan?

Sebulan yang lalu kalo ga salah gue udah pernah ngomongin tentang karma. Bukan, bukan karmanya tapi orang yang seenaknya ngucapin karma ke orang-orang yang dia rasa pernah nyakitin hatinya. Yang di atas itu adalah tweetnya temennya sodaranya, kakeknya, ibunya, tetangganya, imamnya adek kelas gue. Ngeliat tulisan itu gue mikir, oh iya karma itu ga ada. Yang ada cuma kuasa Tuhan. Yang ada cuma takdir dan timbal balik. Di pelajaran agama kita juga dapet kok. 'Apa yang kita tanam itu yang kita tuai.' Tapi cuma sedikit orang yang paham gimana rasanya jadi orang lain, sedikit yang berusaha untuk mengerti alasan seseorang dalam melakukan sesuatu. Karena pada umumnya, apa yang mereka liat ya itulah yang terjadi. Sampai sini paham maksud saya? Nggak kan? Sama -..- Intinya sih karena mereka punya otak tapi males digunain mereka akan langsung mengucap karma seenaknya.

Buat yang disumpahin karma kalo menurut gue sih santai aja, as long as lo punya alasan yang bagus, yang kuat, dan yang mayoritas dianggap baik sm orang lain. Kecuali kalo emang lo disumpahin karma karena kelakuan lo yang uuuu-gak-banget-deh, itu baru deh mendingan lo tobat ehehe

terus intinya apaan, Ranteeeeee?
Hem apa yak --a hidup itu kayak roda, berputar dalam segala sisi. Dimana lo ada di titik awal dan pasti akan kembali ke titik awal tersebut. Sama kayak popularitas lo ada di bawah terus naek, naek, naek, hingga akhirnya lo ada di atas dan kepental lagi jadi lo jatuh dan terbawah. Tapi ga ada hubungannya juga sih ya karma sama popularitas. Oke, skip aja. Seperti teori spiral dalam perubahan sosial, kehidupan itu pasti berulang, berulang, dan berulang walau pun ga jelas kapan hal itu akan berulang. Karma eh kuasa Tuhan maksud gue, juga kayak gitu. Tuhan itu adil kok, Tuhan pasti bikin seseorang ngerasain apa yang pernah dia lakuin ke orang lain dengan caraNya sendiri. Entah sehari, sebulan, setahun, dua tahun, atau 10 tahun kemudian.

Aduh ga tau mau ngomong apa lagi. Udah kebanyakan ngomong ngalor ngidul juga. Tidur dulu ah, adios amigos x siempre! Goodnight anna, pedro, renata, santiago dkk :)

No comments:

Post a Comment

우리는 하나

Dulu gue sempet pingin nulis tentang c’moi untuk dimasukin ke blog, tapi nyatanya ga selesai-selesai. Postingan ini terakhir ditulis tahun ...