Saturday, January 9, 2010

Review book: 5 cm.



“kalo kita punya mimpi, harapan, cita-cita, taro semuanya disini… jangan menempel. Biarkan… mengambang.. menggantung.. 5 cm di atas mata kita supaya kita selalu ngeliatnya”

Itu adalah cuplikan dari buku yang baru gue baca. Judulnya 5 cm. Aneh? Yap judul yang aneh dan bikin kita penasaran. Kok judulnya gitu sih? Apaan sih yang 5 cm? Pendek amat deh. Mungkin itu yang ada di pikiran kita-kita waktu liat itu buku. Atau lebih tepatnya itu yang ada di pikiran gue. Kayak kutipan tulisan pertama itu, buku ini adalah tentang mimpi, harapan, cita-cita, kemauan, cinta, persahabatan, sama keesaan Tuhan. Yang bikin kita harusnya bersyukur, mau gimana ancurnya negara Indonesia dibanding negara-negara yang emang udah maju, Indonesia ini juga yang ngebesarin kita dan ngedidik kita dengan keragamannya, keunikannya, kebobrokannya (setuju kan?), dan segala tingkah laku Indonesia yang ga beraturan deh. Tapi di buku ini ngunjukin, ada sisi lain Indonesia yang WAH banget deh pokoknya. Keramahan penduduknya… di desa pastinya kalo di kota-kota kan udah jarang. Kebersamaan. Itu yang paling paling gue suka sama buku ini. Gimana kangen-kangennya mereka yang pada sahabatan itu. Ga Cuma di mulut kayak “aduh kangen nih”, “ih sumpah kangen banget gue ama lo” giliran pada di ajak ketemu? NIHIL men cih males juga ya, it’s a friend not bestfriend! Oke gue udah mulai pake emosi mendingan cari bahasan yang lain aja. Pokoknya ini opini gue dari buku ini. Lo dijamin ga bakal nyesel baca buku ini. Kalo gue kaya nih ya, udah gue bagiin satu satu ke lo semua hehehe mending gue bikin sinopsisnya aja ya, check it out :

Awalnya ada 5 orang sahabat. Namanya Arial, Genta, Zafran, Ian, dan Riani. Riani cewek sendiri nih. Mereka udah sahabatan dari SMA dan sekarang mereka udah pada kuliah. Jadi sekitar 5 tahunan lah sahabatannya. One day, mereka lagi ngobrol-ngobrol di rumahnya Arial. Mereka sering banget de javu sama apa yang mereka obrolin. Nah dari situ ada satu orang yang ngusulin buat ga bareng-bareng dulu selama 3 bulan dan ga kontak-kontakan sama sekali. Setuju ga setuju, mau ga mau, rela ga rela, mereka pun setuju, mau dan rela. Genta juga udah nyiapin rencana kalo mereka ngumpul lagi mau ngapain. Dari semua cerita mereka pas lagi sendirian intinya Cuma satu. Mereka taro keinginan mereka 5 cm dari kepala mereka, dan biarkan kaki yang terus berjalan, mata yang terus melihat sama apa gue lupa ini nulis bukunya ga ada di sebelah gue. Mereka sukses done something pas lagi sendiri-sendiri itu. Saatnya ketemuan ternyata Genta ngajakin ‘power rangers’ nama gengnya mereka untuk naek Gunung Mahameru, gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian 3676 m di atas permukaan laut. Pas naek ke gunung Arial ngajak kembarannya, Arinda. Jadilah mereka berenam menuju Mahameru. Bermula dari naek kereta super ekonomi, ngelewatin hutan jati, nyarter angkot yang supirnya GAOL ABESSSS, naek jip bareng pendaki lain menuju Ranu Pane, Ian yang dapet firasat bakal mati di gunung ini karena ngeliat banyak kuburan malem2 dan teman salah seorang pendaki yang meninggal namanya Adrian, terus ngeliat Ranu Pakumbu, Palombo, Palumbu, yah antara itu deh namanya yang kayak surga katanya, terus nemu savanna atau stepa juga, Riani yang kakinya biru-biru, Zafran yang kakinya pada berdarah, Genta yang parno sama hutan yang dilewatin karena pernah ilang disitu, Arial yang tiba-tiba ambruk karena kedinginan, Ian yang hampir mati karena kena batu yang jatuh-jatuhan dari atas gunung, Zafran dan Ian yang ngeliat temennya Deniek yang udah meninggal nyapa mereka hiiiiiiy, yang pada akhirnya mereka sampai di puncak MAHAMERU dan upacara di situ. Mantep kan tuh? Ceritanya sih belom selesai. Masih ada kisah cinta cintanya gitu. Jadi dari dulu tuh Genta suka sama Riani, Riani suka sama Zafran, Zafran suka sama Arinda, Arinda suka sama Genta. Ini namanya cinta segi empat. Tapi Cuma diri mereka sendiri yang tau perasaan dalam hati mereka. Endingnya gimana? Endingnya 10 tahun kemudian mereka udah jadi bapak-ibu. Genta jadi sama Citra, Riani sama Zafran, Arinda sama Deniek, Arial sama Indy, dan Ian sama Salma. Anak mereka juga bersahabat kayak emak bapaknya. Happy Ending.

Penilaian gue terhadap buku ini untuk skala 1-10 yaitu (jengjengjengjeeeeeeeng) 9. Kenapa ga kasih sepuluh? Soalnya ini kebanyakan lagu-lagu, dan gue tau Cuma 1 lagu dari banyaknya lagu yang dijembrengin. Overall gaya penulisan buku ini hampir sama kayak gue jadi ya kayaknya gue punya chemistry gitu decccc sama penulis hehehe di buku ini juga banyak quote yang bikin lo semangat untuk ngegapai mimpi-mimpi lo. Inget 5 cm, biarkan menggantung, mengambang, dan mata yang terus melihat. Enjoy reading readers :)

No comments:

Post a Comment

우리는 하나

Dulu gue sempet pingin nulis tentang c’moi untuk dimasukin ke blog, tapi nyatanya ga selesai-selesai. Postingan ini terakhir ditulis tahun ...