Friday, July 22, 2011

500, jangan ditawar!

Senin, 18 Juli kemaren itu gue mau susulan TO terakhir. Niat awalnya sih bangun pagi, berangkat naek kereta jam 9, pulang abis Dzuhur, nyampe rumah, packing buat ke Bandung. Sayang, niat tinggallah niat. Gue kesiangan terus ujung-ujungnya gue naek kereta jam 12.45. Iya gue tau jauh banget dari niat awal. Waktu di kereta temen gue sms, "Nanti malem jadi ya, gue stres tingkat langit ke 7" Dari situ gue tau satu hal, she failed (again). Gue mulai ngitung-ngitung kapan gue bakalan selesai TO. Gue pingin buru-buru sampe rumah dan nemenin dia ngegalau atau apalah sampe dia ga stres lagi.

Biasanya begitu keluar dari stasiun pondok ranji, gue bakalan naek s10 sampe pondok betung. Tapi kampret sekampret-kampretnya waktu itu gue refleks ngeberhentiin s10 dan langsung naek gitu aja. Padahal gue seharusnya jalan dulu dikit baru naek D22. Akhirnya melayang deh 2000 gue. Dibalik kesialan pasti ada keberuntungan, ternyata soal TO keempat gue sama persis sama TO pertama which is gue bisa ngerjainnya dalam waktu 2 jam. Emang ga penuh sih, tapi seenggaknya banyak yang gue yakin bener hahahaha

Nah karena waktu TO banyak sms masuk, gue mutusin beli pulsa di deket gerbang PJMI. Uang gue di kantong waktu itu masih 16.500, buat beli pulsa jadi tinggal 10.500. Gue naek D22 buat ke stasiun pondok ranji. Gue mulai kepikiran kalo...... uang gue kurang buat nyampe ke rumah. Gue sms Irma buat nanya ada KRL ekonomi atau nggak sekitar jam 4. Irma ga bales-bales, yaudah gue langsung beli aja tiket dan cuma ada Commuter Line hhh

D22: 2000

CL: 6000

Sisa uang: 2500

Dari sini gue mulai galau, hati ga menentu, bimbang.. Serius. Gue mau solat, tapi mesti bayar seribu. Kalo gue bayar seribu, berarti uang gue sisa 1500 dan gue ga bakalan bisa pulang dari Tanah Abang. Tapi kalo gue lebih milih pulang dengan aman dan ninggalin solat, dosanya lebih gede.

Gue ambil uang gopek-an gue. Gue pandangin, gue cari inspirasi, gue cari keberanian dari uang gopek itu. Kok keberanian? Iya, gue nyari keberanian buat bilang "Bu, saya cuma punya gopek. Masih boleh numpang solat ga?" sama yang jaga toilet sekaligus musholla. Gue buletin niat gue buat solat. Pas gue liat ke Ibunya, anjrit bayarnya pada seribu semua. Gue langsung masuk terus solat, kali aja keberanian gue timbul setelah solat. Tapi agak ga tega, gue mutusin di sujud terakhir gue, gue doa "Ya Allah, semoga hamba nanti nemu uang 500 di jalan". Gue serahin uang 2000an gitu dan dikembalikan 1000. Yak, uang gue fix tinggal 1500.

Gue sms siapa pun yang mungkin bisa ngebantu gue cari jalan keluar atau syukur-syukur mau jemput eee sampe akhirnya Irma bilang "cari ibu-ibu yang mukanya baik aja, terus minta gopek. eeee."

Kereta pun dateng tapi gue masih belum nemu pemecahan masalah gue. Gue baca lagi sms dari Irma. Gue tau maksudnya bercanda tapi gue udah mentok, orang rumah ga ada yang bisa jemput bokap gue nyuruh naek bajaj aja terus bayar di rumah. Gilak. Ga rela gue bayar mahal cuma buat ongkos. Mending buat beli barang apa kek. Gue mutusin buat ngikutin saran Irma. Gue pandangin muka orang satu per satu mana yang bisa gue SKSD-in. Di otak gue yang ada juga cuma rancangan kata-kata minta tolong. Sayang banget gue masuknya ke gerbong yang bukan khusus cewek jadinya most of them ya cowok. Ga berani cuy. Terus ada mbak-mbak cewek masuk dan duduk di sebelah gue, baru gue mau ngomong eh temennya dateng ngajak ngobrol. Gagal.

Ga lama kereta nyampe di stasiun tanah abang, gue mau nyari orang yang mukanya baek yang bisa gue samperin. Tapi semuanya lagi sibuk bergerombol. Gue butuh yang sendirian. Terus di depan gue ada porter bawa uang dan gue ga ada angin apa UANG GOPEKNYA JATOH DEPAN MATA GUE. Gue mau bilang, "Mas, 500nya boleh buat saya aja ga?". Gue pun mengurungkan niat dan memilih untuk berlalu, bahkan jalan gue udah sempoyongan. Gue ngelanjutin perjalanan gue buat nyari korban lainnya. Gue nunggu di warung gitu, di sebelah gue ada ibu-ibu yang bajunya cukup wah, tapi bawaannya ribet. Pasti susah ngeluarin uangnya, pikir gue. Gue nyebrang ke tempat yang lebih banyak orangnya, di tempat itu ada mbak-mbak umur 25an. Hmm, sasaran empuk. Gue siap-siapin diri gue buat ngomong, begitu gue udah siap, bis 502 dateng dan dia naek bis itu. Kampretos Chocolatos emang!

Gue mulai panik lagi. Siapa yang mesti gue mintain tolooooong?

Di depan gue ada 2 sejoli. Umurnya sekitar 25an. Yang berdiri di deket gue itu cowoknya. Gue bener-bener ngerancang yang bakalan gue bilang ke mas ini. Tiap ada bis dateng, gue was-was. Dia naik ini ga ya? Gue ga mau kehilangan kesempatan lagi. Sekitar 20 menit ketika gue udah bener-bener takut dia keburu naik bis, gue pasang muka beton, gue colek pundaknya.

Gue: Mas, boleh minta tolong ga?

Dia: Iya, kenapa?

Gue: Gini mas, saya mau pulang tapi ongkosnya kurang 500. Ada 500an ga mas?

Dia: *ngerogoh kantong celana* *ngasih serebuan ke gue*

Gue: *ngerogoh kantong nyari gopek buat kembalian*

Dia: Gausah. Ambil semuanya aja.

Gue: *sumringah* makasih mas, makasih banyak.

Gue langsung sms Irma dengan capslock jebol "GUE BISA PULANG YA ALLAH ALHAMDULILLAH". Gue mau nangis. Gue seneng banget. Serius.

Uang seribu jauh lebih berharga di saat yang tepat, daripada uang sejuta tapi di saat yang ga tepat.

Dulu, gue pernah ngelecehin quote di atas. Gue bilang yang namanya sejuta mah pasti berharga mau kapan pun juga. God knows. Gue sekarang paham banget artinya :')

Adios.

No comments:

Post a Comment

우리는 하나

Dulu gue sempet pingin nulis tentang c’moi untuk dimasukin ke blog, tapi nyatanya ga selesai-selesai. Postingan ini terakhir ditulis tahun ...