Saturday, March 19, 2011

Ujian

Udah berkali-kali gue ngepost tentang ujian. Nggak, gue lagi ga mau curhat kalo gue capek ngejalanin ujian blablabla. Kali ini gue mau ngepost tentang hal-hal yang ga etis dilakuin oleh siswa menjelang ujian. Karena gue baru aja ngeliat tweet salah satu temen SMP gue yang bikin gue pingin garuk-garuk tanah.

Ini isi tweetnya: Pulsa udah siap. Batre full. Label banyak. Bikin group sms udah. Berdoa apa lagi. Blajar lupakan. uas udah siap

Hal-hal kayak gini nih yang sering bikin gue gondok setengah hidup. Ketika orang lain usaha belajar dengan kerasnya supaya bisa dapet nilai bagus, eh dia dengan gampangnya menggunakan teknologi yang udah beralih fungsi menjadi bahan contekan terus dapet nilai bagus. Lebih bagus daripada elo. Bayangin men sakit hatinya!

Gue sendiri bukan tipe orang yang hobi nyontek, bahkan gue sangat ga bisa nyontek. Ini dalam artian bukan gue ga mau nyontek tapi karena gue bener-bener kaku dalam urusan contek-mencontek. Pernah gue nyoba nyontek pelajaran sejarah. Waktu itu Sarah duduk di pojok dan gue di pinggir. Semua catetan ada di kolong gue, gue takut untuk ngebuka contekan jadi Sarah yang nyoba ngebuka-buka catetan yang ada di kolong gue tapi jadinya malah semua catetan muncul keluar dari kolong meja. Seketika itu juga guru gue ngelewatin gue. Muka gue panik dan langsung ngedeketin badan gue ke kolong meja. Dan coba tebak apa yang dilakukan Sarah? Dia cekikikan eeerrrrrggggghhhh katanya tampang panik gue kocak banget. Liat kan? Semesta pun ga setuju gue nyontek :p

Beberapa hari yang lalu gue ketemu sama temen SMP gue dan kita ngebicarain ujian. Lalu terjadilah percakapan seperti ini

Temen gue: Sekolah lo beli kunci jawaban UN ga?

Gue: Hah?

Temen gue: Sekolah gue beli 2 juta.

Gue: Hah sekolah lo beli?

Temen gue: Bukan sekolah, tapi angkatan gue.

Gue: Oh.

Temen gue: Emang lo waktu smp ga beli kunci?

Gue: Nggak, buat apaan. Gue cuma ngeliatin anak-anak sibuk nyatet kunci jawaban dimana-mana.

Temen gue: Gue juga nyatet, tapi cuma gue jadiin pegangan doang.

Temen gue yang lain: Sekolah tuh pasti ngebocorin kunci jawaban kok. Mana ada sih guru yang ga mau anak muridnya lulus semua? Biasanya tuh dikasih ke anak OSIS abis itu baru disebar ke yang lain.

Setelah itu mereka ngebahas cara ngumpetin contekan yang paling mutakhir. Ada yang ngumpetin nulisin di pensil lah, di dalem lengan baju lah, pake kode-kode lah, bahkan ada yang mikir plan A dan plan B kalo misalnya contekan kunci jawaban mereka ketauan sama pengawas. Canggih.

Oke, gue ga tau itu bener atau ga karena gue sendiri ga pernah ngalamin atau sibuk nyari-nyari kunci jawaban buat ulangan. Tapi coba deh kita liat lagi percakapan gue tadi terus jujur apa yang ada di benak kalian? How bad our generation! Atau Ya Tuhan, ini pendidikan Negara gue? Kalo dari umur segini aja kita udah mikir jalan pintas untuk ngedapetin sesuatu gimana nanti kalo kita megang jabatan penting dalam suatu institusi? Dari kecil kita udah diajarin loh dengan peribahasa ‘bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian’ bahkan di Al-Quran juga ada ‘Sesungguhnya di balik kesukaran itu ada kemudahan’. Intinya hidup itu ga bisa kayak prinsip ekonomi yang dengan pengorbanan sekecil-kecilnya mendapatkan hasil sebesar-besarnya kecuali lo dapet togel.

No pain no gain, guys. Going extra miles, bekerjalah melebihi rata-rata orang lain, kalo orang lain 1 jam lo harus bisa 2 jam. Semua yang kita lakuin ga ada yang pernah sia-sia. Allah tau apa yang terbaik buat umat-Nya. Percaya sama kemampuan diri lo sendiri.

Cukup ah jadi sok tuanya. Semoga yang gue tulis cukup ngebuat kalian para remaja yang lagi muak sama ujian berpikir ulang untuk meneruskan aksi jalan pintasnya ya.

Salam manis manja,

Anaknya Pak Umis dan Bu Tati. Wassalam.

Ps: temen gue kemaren ada yang bilang avatar gue lucu kayak anak tk. Jadi ngerasa makin imut hahahahahaha

No comments:

Post a Comment

우리는 하나

Dulu gue sempet pingin nulis tentang c’moi untuk dimasukin ke blog, tapi nyatanya ga selesai-selesai. Postingan ini terakhir ditulis tahun ...