Thursday, February 3, 2011

Ranah 3 Warna :)


Man jadda wajadda
Man shabara zafira

Satu lagi karya yang bikin semangat gue berapi-api untuk menggapai mimpi-mimpi gue, bikin gue yakin kalo ga ada yang ga mungkin asalkan kita bersungguh-sungguh dan terus sabar. Sabar bukan berarti pasrah. Sabar adalah sesuatu yang aktif untuk melewati satu ujian. Going the extra miles, berusaha melebihi rata-rata orang lain, berdoa dan bertawakal.

Ranah 3 Warna. Sekuel dari buku Negeri 5 Menara. Kalo buku pertama mengisahkan tentang perjuangan Alif di Pondok Madani bersama Sahibul Menara, buku kedua ini mengisahkan perjuangan Alif hidup di rantau. Bagaimana dia seorang lulusan pondok yang tidak memiliki ijazah, berhasil melanglangbuana ke negeri Impiannya, Amerika.

Jadi begini ceritanya..
Di buku pertama, setelah lulus SMP, Alif diminta amaknya untuk sekolah agama. Antara mau ga mau, Alif nurut. Ternyata Alif dimasukkan ke Pondok Madani. Untuk masuk ke sini ga gampang. Alhamdulillah, Alif bisa lulus tes untuk masuk ke Pondok ini. Di Pondok Madani ini Alif belajar banyak. Sehingga dia bisa menikmati waktu yang dihabiskan di Pondok itu. Di Madani, Alif punya sahabat. Mereka menyebut diri mereka Sahibul Menara. Kenapa? Karena sebelum maghrib biasanya mereka berkumpul di bawah menara mesjid dan ngamatin langit. Di langit itu mereka ngeliat masa depan atau impian mereka nanti. Nah, Alif selalu ngeliat kalo awan itu berbentuk benua Amerika, dari situ Alif bermimpi untuk bisa menjajakkan kakinya di Amerika. Oh iya, di buku pertama ini yang ditekankan yaitu Man Jadda Wajadda. Siapa yang bersungguh-sungguh maka akan berhasil. Di Pondok Madani ga gampang untuk mencapai kata lulus. Tesnya ada lisan dan tulisan dan wajib pake bahasa Arab. Para murid di sini emang dibiasain untuk make bahasa Arab atau bahasa Inggris. Kalo masih kelas satu, masih boleh menggunakan bahasa Indonesia. Akhirnya.. Alif lulus juga tapi sayangnya ga ada ijazah untuk lulusan Pondok ini.
Di buku kedua, Alif belajar untuk ujian kesetaraan supaya dapet ijazah. Awalnya dia berniat ujian kesetaraan IPA karena Alif mau masuk ITB biar bisa kayak Pak Habibie, tapi dalam waktu 2 bulan mempelajari materi dari kelas 1 sampe kelas 3 bukan perkara gampang. Sahabatnya, Randai, putus asa ngajarin Alif pelajaran IPA. Alif pun memilih ujian kesetaraan IPS. Beruntung dia lulus meski pun cuma dapet rata-rata 6,5. Sebulan lagi UMPTN, Alif memilih Hubungan Internasional Unpad. Semua orang meremehkan dia, jadi dengan Man Jadda Wajadda dia latihan soal-soal UMPTN. Suatu ketika dia jenuh sama tulisan, ayahnya ngajakin dia nonton Piala Eropa. Mereka berdua punya jagoan masing-masing, Alif lebih milih negara yang diremehkan sama orang-orang. Kenyataannya.. ternyata negara yang diremehkan itulah yang jadi Juara Eropa. Dari hal itu, Alif makin yakin aja kalo ga ada satu hal pun yang ga mungkin asalkan mau berusaha untuk mewujudkannya.
Hari UMPTN tiba dan hari pengumuman pun juga tiba. Yak, Alif sekarang jadi Mahasiswa Hubungan Internasional.
Alif lulus umptn dan resmi menjadi mahasiswa Hubungan Internasional Unpad. Alif belum tau mau tinggal dimana, untungnya Randai memperbolehkan Alif tinggal di tempat kost nya sampe Alif nemu tempat yang pas. Awalnya hari-hari Alif lancar aja, nilainya juga bagus-bagus. Tapi takdir berkata lain. Ayah Alif meninggal. Alif galau. Pesan Ayahnya sebelum meninggal yaitu supaya Alif melindungi Amak dan kedua adiknya dan terus bersekolah sampe selesai. Tapi Alif kepikiran, kalo dia terus sekolah pasti Amak susah banget cari dananya. Selain itu masih ada 2 adiknya yang perlu dibiayain sekolah. Jadi antara mau ga mau Alif balik lagi ke Bandung untuk kuliah.
Di Bandung, kehidupan Alif semakin terpuruk. Alif terus berlarut-larut dalam penderitaannya. Suatu sore, Alif berteduh di sebuah halte. Di halte itu dia ngeliat seorang tukang sol sepatu yang cuma punya satu tangan tapi ga ngeluh. Alif sadar, masih banyak orang-orang yang lebih ga beruntung dibanding dirinya. Begitu dia nyampe tempat kost, Alif bikin perjanjian dengan dirinya sendiri kalo dia bakalan nyari pekerjaan saat itu juga. Alhamdulillah, Allah ngasih jalan buat Alif. Dia dapet panggilan ngajar Bahasa Inggris, berjualan kosmetik, dan berjualan pakaian dsb.
Setelah beberapa minggu Alif melakukan pekerjaan itu, nasib buruk menimpa dia lagi. Ketika lagi istirahat berjualan, Alif disamperin sama preman. Dengan celurit menggantung di lehernya, preman-preman itu ngerampas semua yang Alif bawa. Si Hitam, sepatu pemberian ayahnya, juga nyaris dirampas. Mungkin premannya masih punya hati ketika Alif bilang kalo itu peninggalan dari Ayahnya. Di dalem sepatu itu ada uang jadi Alif bisa pulang dengan angkot. Begitu nyampe rumah, Alif ambruk. Ketika sadar ternyata dia lagi ada di rumah sakit. Alif kena virus penyebab tipus. Berhubung Alif ga punya uang, dia maunya dirawat di rumah aja. Tiga minggu berlalu, Alif tak kunjung sembuh. Setiap Alif mencoba bangun, dia ambruk lagi. Pekerjaannya juga udah diambil alih sama orang lain. Alif sering banget terjaga tiap malem sambil dengerin radio. Waktu itu lagi menyiarkan tentang sabar. Sebuah syair "siapa yang bersabar akan beruntung" kalo syair Arabnya "man shabara zhafira". Semangat Alif terpompa lagi. Terus dia nulis di diarinya.

Aku anak yatim.. Iya, tapi yatim yang kuat.
Aku tidak punya uang.. Iya, tapi akan segera punya.
Nasibku malang.. Iya, tapi akan segera beruntung.

Abis itu dia belajar lagi buat nulis artikel yang bagus ke Bang Togar. Setelah belajar, belajar, belajar, artikel Alif berhasil dimuat di beberapa harian. Dari situ Alif udah bisa ga bergantung lagi sama Amaknya. Bahkan dia bisa ngirimin uang Rp 30ribu ke amaknya di kampung.
Setelah semuanya berjalan dengan baik, Alif cerita ke temen kuliahnya kalo dia bercita-cita ke Amerika. Tapi temen-temennya malah ngeremehin.
Allah emang selalu ngasih jalan untuk hamba-Nya. Waktu Alif lagi pulang naek bis, dia ketemu sama seniornya di Unpad. Sebenernya sih dia ga kenal, tapi karena foto yang dipegang orang itu lah Alif sok kenal sok dekat. Dari sksd nya itu, Alif jadi tau kalo ada lembaga atau apa ya namanya itu gue ga ngerti, nyediain beasiswa ke luar negeri.
Pertama, Alif harus tes tertulis. Ternyata dia ketemu sama Randai dan Raisa. Beberapa hari kemudian pengumuman kalo mereka bertiga lulus. Selanjutnya ada tes kesenian. Nah, si Alif ini ga bisa kesenian apa-apa, dia cuma inget gerakan silat dikit, suaranya juga kurang pantes di denger. Tapi dia keinget kata-katanya Kyai Rais. Waktu di Madani, Kyai Rais pernah mempraktekkan golok berkarat sama golok tajem yang dicoba untuk matahin bambu. Kyai Rais ngarahin golok tajemnya tapi tanpa tenaga yang begitu besar ke bambu, tapi gagal. Setelah itu, Kyai Rais make golok yang berkarat, dengan kekuatan penuh dan berkali-kali ternyata usahanya berhasil matahin bambu itu. Kesimpulannya adalaaaah meskipun lo punya kemampuan di atas rata-rata seperti golok tajem itu, tapi usah dari lo nya biasa aja, susah untuk berhasil. Sedangkan kemampuan lo biasa aja tapi usaha lo maksimal, insya Allah berhasil. Berbekal semangat golok karatan, Alif belajar nyanyi tengah malem. Hasilnya? Pintu kost Alif digedor-gedor disangkain dia lagi ngelindur sampe bikin berisik. Kasian yak haha.
Hari unjuk gigi un tiba. Alif menampilkan yang terbaik yang dia bisa, sayangnya baru nyanyi dikit Alif udah disuruh selesai sama jurinya. Berhubung semangat Alif untuk pergi ke Amerika membumbung tinggi, dia langsung ngebela dirinya kalo hubungan dengan luar negeri ga harus lewat kesenian kok, mereka juga bisa bersahabat luar negeri dan nunjukkin kalo di Indonesia ada loh pemikir-pemikir hebat, Alif juga nunjukkin semua artikel-artikelnya yang pernah dimuat di koran. Intinya omongannya Alif ini mempengaruhi juri. Setelah keluar dari ruangan juri, Alif cuma bisa pasrah. Setidaknya dia udah ngelakuin lebih dari rata-rata.
Hari pengumuman tiba dan yak Alif lolos untuk nerima beasiswa ke Amerika atau Quebec lebih tepatnya.

Hari ini banyak banget hal yang ngebuat gue ngerasa kalo gue ini beruntung. Atau cukup beruntung? Allah menginginkan ke'cukup'an untuk hambaNya, bukan? Semoga ini cukup untuk gue :)

No comments:

Post a Comment

우리는 하나

Dulu gue sempet pingin nulis tentang c’moi untuk dimasukin ke blog, tapi nyatanya ga selesai-selesai. Postingan ini terakhir ditulis tahun ...